Log in

I forgot my password

Latest topics
November 2017
MonTueWedThuFriSatSun
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930   

Calendar Calendar

RSS feeds


Yahoo! 
MSN 
AOL 
Netvibes 
Bloglines 



Penumpang Lion Air Makassar Mendapat Nasi Ayam Karena Pesawat Delay 3 Jam

View previous topic View next topic Go down

Penumpang Lion Air Makassar Mendapat Nasi Ayam Karena Pesawat Delay 3 Jam

Post by Admin on Mon Feb 23, 2015 12:16 pm


Penerbangan Lion Air Makassar-Yogya mengalami delay 3 jam. Perusahaan ini memberikan kompensasi berupa makanan nasi berlauk ayam dan mi. Makanan ini dibagikan ke penumpang yang ada di gate 5 Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar.

"Kalau makanan tadi sudah dibagikan. Dapat nasi, ayam sama mi," kata Widya Taruko, salah seorang penumpang pesawat JT 641 tujuan Yogyakarta kepada detikcom, Minggu (22/2/2014) pukul 16.20 WIB atau 17.20 Wita.

Widya mengatakan, penumpang sempat 'menyerbu' petugas Lion yang ada di gate 5 mereka menanyakan kepastian kapan pesawatnya berangkat. Para penumpang sempat dijanjikan kalau pesawat yang berangkat
pukul 13.30 Wita ini akan berangkat pukul 16.15 Wita, tapi nyatanya penumpang tak diberangkatkan juga.

"Kita dijanjikan begitu, tapi tak berangkat juga saat itu," katanya.

Widya mengatakan, pada sekitar pukul 17.21 WIB dia sudah melakukan boarding. "Saat ini saya sudah boarding," katanya.

Menurut Permenhub No 77/2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara, aturan kompensasi sebagai berikut:

a) Keterlambatan lebih dari 4 jam diberikan ganti rugi sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) per penumpang.

(b) Ganti rugi sebesar 50% untuk keterlambatan lebih dari 4 jam, apabila pengangkut menawarkan tempat tujuan lain yang terdekat dengan tujuan penerbangan akhir penumpang (re-routing) dan pengangkut wajib menyediakan tiket penerbangan lanjutan atau menyediakan transportasi lain sampai ke tempat tujuan apabila tidak ada moda transportasi selain angkutan udara.

(c) Bila dialihkan ke penerbangan berikutnya atau penerbangan milik Badan Usaha Niaga berjadwal lain, penumpang dibebaskan dari biaya tambahan, termasuk peningkatan kelas pelayanan (upgrading class) atau apabila terjadi penurunan kelas atau sub kelas pelayanan, maka terhadap penumpang wajib diberikan sisa uang kelebihan dari tiket yang dibeli.

Sedangkan Permenhub 25/2008 mengatur kompensasi atas keterlambatan penerbangan di bawah 4 jam, yaitu:

a. keterlambatan lebih dari 30 (tiga puluh) menit sampai dengan 90 (sembilan puluh) menit, perusahaan angkutan udara niaga berjadwal wajib memberikan minuman dan makanan ringan;

b. keterlambatan lebih dari 90 (sembilan puluh) menit sampai dengan 180 (seratus delapan puluh) menit, perusahaan angkutan udara niaga berjadwal wajib memberikan minuman, makanan ringan, makan siang atau malam dan memindahkan penumpang ke penerbangan berikutnya atau ke perusahaan angkutan udara niaga berjadwal lainnya, apabila diminta oleh penumpang;

c. keterlambatan lebih dari 180 (seratus delapan puluh) menit, perusahaan angkutan udara niaga berjadwal wajib memberikan minuman, makanan ringan, makan slang atau malam dan apabila penumpang tersebut tidak dapat dipindahkan ke penerbangan berikutnya atau ke perusahaan angkutan udara niaga berjadwal lainnya, maka kepada penumpang tersebut wajib diberikan fasilitas akomodasi untuk dapat diangkut pada penerbangan hari berikutnya.

Admin
Admin

Posts : 11
Join date : 2015-02-21

View user profile http://makassarku.forumid.net

Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum